Xiaomi Bootloop

Istilah bootloop memang tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone Xiaomi. Bootloop adalah suatu kerusakan pada sistem piranti lunak (software) yang diakibatkan oleh beberapa hal. Tanda-tanda smartphone milikmu adalah mengalami stuck logo atau hanya menampilkan logo Xiaomi tanpa bisa masuk ke halaman tampilan home.

Umumnya, ponsel Xiaomi ini mengalami bootloop karena kegagalan saat melakukan root atau terlalu dipaksakan untuk menginstall aplikasi yang bersumber dari developer ilegal. Solusinya adalah kamu harus mengetahui cara mengatasi hp xiaomi bootloop agar smartphone xiaomi kesayanganmu tidak mengalami hardbrick atau mati total.

Apa itu Bootloop?

Bootloop adalaha keadaan dimana ponsel hanya stuk di logo saja, dan tidak dapat masuk ke beranda atau menu tampilan utama. Penyebab bootloop bisa dari berbagai faktor seperti kesalahan saat melakukan unlock bootloader, akibat gagal root, mengutak-atik aplikasi sistem dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Kamu tidak perlu panik apabila ponsel Xiaomi milikmu mengalami bootloop. Untuk mengatasi ponsel Xiaomi yang tengah mengalami masalah bootloop, maka lakukan 4 cara ini agar ponsel Xiaomi milikmu dapat normal kembali, diantaranya adalah sebagai berikut :

Melalui Factory Reset (Hapus Data Permanen)

Factory reset atau hapus data permanen ini menjadi cara pertama untuk mengatasi ponsel Xiaomi milikmu yang mengalami bootlooop.

  1. Caranya adalah dengan masuk ke “mode recovery”
  2. Kemudian tekan pilihan “wipe data” lalu tekan “wipe all data”.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses loading telah selesai.
  4. Kemudian tekan “back to main menu”, kemudian tekan “reboot” dan yang terakhir tekan “reboot system”.

Cara yang satu ini hanya dapat mengatasi masalah ponsel Xiaomi yang mengalami bootloop ringan saja.

Menggunakan Fitur Mi PC Suite China

Mi PC Suite

Apabila langkah factory reset tidak berhasil, maka kamu dapat menggunakan fitur Mi PC Suite China untuk mengatasi masalah bootloop. Pertama, pastikan kondisi baterai smartphone minimal 50%, kemudian sediakan kabel data original Xiaomi.

Lalu, aktifkan USB Debugging pada ponsel dan siapkan PC Desktop atau Laptop dengan sistem operasi 32 atau 64 bit. Hampir semua jenis smartphone Xiaomi (baik tipe Snapdragon atau Mediatek) kembali normal dengan menggunakan fitur Mi PC Suite China.

Bahan dan Alat:

Langkah kedua adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk kamu download, seperti Mi PC Suie China dan ROM Recovery sesuai dengan jenis dan tipe Xiaomi milikmu. Setelah itu, ikuti cara mengatasi HP Xiaomi bootloop menggunakan fitur Mi PC Suite China berikut ini :

  • Masuk ke Mode Recovery

Pertama, matikan ponsel Xiaomi dan masuk ke mode recovery dengan cara menekan tombol volume atas (+) dan tombol power secara bersamaan. Kemudian tekan “recovery” dan tekan “yes” (dalam bahasa Mandarin).

  • Pilih Connect With Mi Assistant

Selanjutnya, tekan pilihan “Connect With Mi Assistant” dengan mengarahkan kursor pada pilihan kotak dialog dan tekan tombol power untuk menjalankan perintah.

  • Sambungkan Ponsel ke PC Desktop atau Laptop

Setelah itu, sambungkan ponsel Xiaomi milik kamu ke PC Desktop atau Laptop dengan menggunakan kabel data original Xiaomi.

  • Mulai Flashing ROM Smartphone

Masuk ke fitur “Mi PC Suite China” lalu klik pilihan “select ROM Package”. Kemudian, klik opsi “quich flash” disertai dengan klik tombol “flash”. Proses flashing ROM Xiaomi ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga muncul tampilan file exploler.

  • Install ROM Xiaomi Sesuai Tipe

Setelah muncul tampilan file exploler, maka kamu harus menginsall ROM Xiaomi yang telah di download sebelumnya. Klik “open” pada file ROM Recovery Xiaomi yang telah di download sebelumnya. Kemudian masuk dan install file tersebut.

  • Proses Verifikasi ROM Package Xiaomi

Yang perlu diperhatikan kala mengatasi bootloop ponsel Xiaomi menggunakan Mi Pc Suite China adalah memastikan koneksi internet tetap stabil agar proses flashing ponsel berjalan sesuai rencana.

  • Menunggu Beberapa Menit Hingga Ponsel Xiaomi Mengaktifkan Ulang

Dan langkah terakhir terkait cara mengatasi HP Xiaomi bootloop menggunakan fitur Mi PC Suite China adalah menunggu beberapa menit.

Ya, dibutuhkan waktu antara 5 hingga 10 menit untuk proses booting ROM Recovery Xiaomi. Apabila muncul warna hijau pada logo ponsel Xiaomi, maka cara mengatasi HP Xiaomi bootloop melalui Mi Pc Suite China ini telah berhasil.

Bootloop pada ponsel Xiaomi ini dapat terjadi pada semua jenis dan tipe. Umumnya, bootloop ini disebabkan karena kesalahan dalam menginstall aplikasi root hingga terlalu sering menginstall aplikasi ilegal. Kini, kamu dapat mengatasi masalah bootloop smartphone milikmu tanpa perlu meminta bantuan jasa servis handphone.

Tinggalkan komentar