Samsung USB Driver

Pengguna Samsung harus tahu cara install Samsung USB Driver agar perangkat tersebut bisa terhubung dengan PC tanpa kendala. Sebenarnya kamu tidak harus selalu memasang USB Driver karena PC/desktop akan otomatis mendeteksi kabel USB tersebut. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi pada setiap smartphone maupun PC/desktop.

USB Driver perlu dipasang di PC/desktop untuk memastikan bahwa perangkat smartphone bisa terdeteksi. Hal ini akan memudahkanmu ketika ingin melakukan flashing, upgrade perangkat atau hanya ingin menghubungkan dua perangkat untuk transfer data. Untuk itu, kamu bisa mempelajari cara mudah memasang Samsung USB Driver berikut ini.

Download Samsung USB Driver Terbaru

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah cara installnya, kalian perlu download terlebih dahulu USB Samsung Driver terbaru yang akan kita pasang ke laptop atau komputer kita. Untuk link downloadnya bisa dilihat dibawah ini:

Windows 7 32/64 bitDownload
Windows 8 64 bitDownload
Windows 10 64 bitDownload

2 Cara Install Samsung USB Driver

Install Samsung USB Driver dengan Cara Biasa

Kamu bisa mencoba memasang Samsung USB Driver dengan cara biasa, artinya kamu memasangnya seperti memasang software komputer lainnya. Cara ini paling mudah dengan proses yang cepat, namun tingkat keberhasilannya tidak terlalu tinggi. Hasil akan berbeda-beda pada setiap smartphone Samsung dan PC/desktop.

Sebelum memasang USB Driver menggunakan cara ini, kamu harus mengunduh Samsung USB Driver yang sesuai dengan spesifikasi dan OS PC/Desktop yang digunakan. Setiap OS Windows memang membutuhkan driver yang berbeda, jadi pastikan mengunduh USB Driver yang benar.

  • Pertama install Samsung USB Driver yang telah kamu download, caranya klik kanan pada file driver tersebut lalu pilih “Run as Administrator”
  • Selanjutnya kamu akan dialihkan ke jendela instalasi driver lalu pilih “Next”
  • Pilih “Bahasa Indonesia” dan “Negara Indonesia” lalu pilih “Next”
  • Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan driver, terserah mau kamu letakkan di disk mana
  • Apabila sudah, klik “Install” dan tunggu prosesnya hingga selesai dengan sempurna
  • Selanjutnya akan muncul jendela yang memberitahu bahwa proses instalasi berhasil lalu klik “Finish”

Install Samsung USB Driver dengan Menonaktifkan Driver Signature

Apabila kamu telah berulangkali melakukan cara pertama namun perangkat smartphone tidak juga terdeteksi, maka bisa menggunakan cara kedua. Cara install Samsung USB Driver ini adalah dengan menonaktikan Driver Signature Enforcement. Driver Signature Enforcement adalah fitur keamanan yang tidak akan membiarkanmu memasang driver apabila diaktifkan.

Berikut cara menonaktifkan Driver Signature di Windows 7 :

  • Pertama hidupkan PC/desktop lalu klik “F8” berulang kali saat layarnya menampilkan logo merk
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke menu “Repair Your Computer” lalu gulir ke bawah dan pilih “Disable Driver Signature Enforcement” lalu tekan “Enter”
  • Selanjutnya PC/desktop akan hidup seperti biasanya dan kamu bisa meng-install driver apapun dengan mudah

Apabila kamu menggunakan Windows 8 dan 10, maka caranya agak berbeda, yaitu sebagai berikut :

  • Pertama klik “Start Menu” lalu klik “Restart” dan tombol “Shift” di keyboard secara bersamaan
  • Selanjutnya pilih menu “Troubleshoot” lalu pilih menu lanjutan di “Advance Options”
  • Selanjutnya pilih “Startup Settings” lalu klik “Restart”
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke menu Startup Settings lalu pilih saja “Disable driver signature enforcement”

Nah, apabila Driver Signature sudah dinonaktifkan, maka sekarang kamu bisa memulai ulang proses instalasi Samsung USB Driver. Cara dan langkahnya sama persis dengan langkah pertama, namun cara ini dijamin memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi. Pastikan saja kamu mengunduh driver yang benar sesuai dengan spesifikasi PC/desktop yang digunakan.

Dari ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa cara install Samsung USB Driver sangat simple dan mudah. Kamu hanya butuh mengunduh USB Driver yang sesuai dengan spesifikasi PC/desktop dan ikuti langkah instalasi seperti di atas. Apabila cara itu gagal, kamu masih memiliki solusi lain, yaitu dengan menonaktifkan Driver Signature.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *