Cara Install MTK vCOM USB Driver Auto Installer

Umumnya perangkat smartphone yang menggunakan Chipset Mediatek bisa dilakukan oprek-able atau kustomisasi. Dalam melakukan kustomisasi, resiko untuk terjadi brick atau mati total sangat minim terjadi untuk perangkat MTK. Namun, hal yang menjadi kendala utama sebelum melakukan proses ini adalah terdapat pada masalah driver. Tanpa driver, smartphone kamu tidak bisa di identifikasi oleh komputer.

Adanya bantuan driver membuat perangkat smartphone kamu bisa terhubung dan teridentifikasi oleh sistem komputer. Kamu juga bisa melakukan cara install MTK USB Driver hanya menggunakan PC atau komputer. Tentunya ini hanya dikhususkan untuk perangkat smartpone yang sudah menggunakan Chipset Mediatek pada bagian mesinnya.

MTK USB Driver merupakan cara untuk menghubungkan smartphone dengan PC atau Komputer secara mudah. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk perangkat smartphone yang sudah menggunakan Chipset Mediatek atau MTK. Adanya MTK USB Driver membuat perangkat smartphone kamu yang terkoneksi dengan Komputer dapat di identifikasi.

Tujuan utama dari pemasangan driver USB MTK ini adalah untuk memudahkan kamu dalam melakukan tindakan maintenance dan produktivitas, seperti Transfer File, Flashing, Custom ROM, Custom Kernel, Custom Recovery, Penggunaan ADB, Penggunaan Fastboot, Factory Reset, Upgrade versi OS, dan sebagainya.

Mediatek USB Driver Auto Installer hanya dapat dijalankan untuk komputer dengan OS Windows. Selain itu, ukuran dari file ini juga sangat kecil dan mudah untuk dipasang. Driver dari MTK USB sudah support untuk jenis Chipset MT6235, MT6516, MT6571, MT6572, MT6572M, MT6573, MT6515, MT6575, MT6575M, dan seterusnya.

Cara Install Mediatek (MTK) USB Driver Auto Installer di OS Windows

Sebelum melakukan pemasangan USB Driver, maka kamu perlu menonaktifkan fitur Driver Signature pada komputer. Hal ini berguna untuk memberikan izin pada proses pemasangan pada driver dari sumber tidak diketahui.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk proses mematikan fitur Driver Signature pada sistem operasi Windows, 7, 8, dan 10.

Pertama silahkan download terlebih dahulu bahannya DISINI.

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengetik kata kunci “CMD” atau “Command Prompt” pada kolom Search Windows.
  2. Setelah panel CMD terlihat, kamu bisa memasukan perintah “bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS” dan klik“Enter” pada keyboard.
  3. Jika perintah berhasil dibaca, maka masukan kembali perintah “bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF” untuk melanjutkan.
  4. Setelah langkah diatas selesai dilakukan, maka secara otomatis komputer akan melakukan proses restart.

Setelah Driver Signature selesai kamu nonaktifkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pemasangan MTK USB Driver. Di bawah ini langkah – langkah pemasangan USB Driver untuk OS Windows yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan jenis smartphone yang digunakan.

  1. Siapkan file “MTK USB Driver Auto Installer”terlebih dahulu dan lakukan proses “ekstrak” pada Komputer.
  2. Selanjutnya, “copy” Folder SmartPhoneDriver ke dalam Folder “C:/Windows/System32”.
  3. Kembali ke Folder hasil ekstrak Mediatek Driver Auto Installer dan “buka” file Mediatek – Drivers – Install.
  4. Setelah jendela CMD tampil, maka kamu bisa menekan tombol “Enter” untuk melanjutkan proses instalasi.
  5. Jika muncul jendela Windows Security, kamu dapat memilih opsi “Install this driver software anyway” untuk mengatasinya.
  6. Langkah selanjutnya, yaitu hanya perlu menunggu proses installation completed.

Cara install MTK USB Driver di atas bisa kamu gunakan untuk proses menghubungkan perangkat smartphone dengan Chipset Mediatek ke Komputer sebagai keperluan Transfer File data, melakukan proses rooting, hingga melakukan update firmware pada perangkat smartphone.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *