Cek Bootloader Xiaomi

Sistem bootloader adalah sebuah program sistem operasi yang dirancang oleh pengembang resmi agar para pengguna smartphone tersebut hanya dapat menjalankan serta menginstall aplikasi legal. Hampir semua smartphone berbasis android ini menggunakan sistem bootloader, termasuk Xiaomi.

Sebab, smartphone berbasis android ini menggunakan sistem open source dengan model hardware yang berbeda-beda. Sehingga, pemilik ponsel ini dapat menjadi seorang developer dengan cara mengunlock bootloader. Untuk itu, kamu perlu tahu cara cek bootloader Xiaomi kesayanganmu apakah berhasil dibuka atau masih terkunci.

3 Cara Cek Bootloader Xiaomi Untuk Semua Tipe

Bagi kamu yang masih awam tentang sistem bootloader, tentu saja akan bingung mengenai cara mengecek sistem bootloader smartphone apakah masih terkunci atau sudah terbuka. Guna mengetahui status sistem bootloader smartphone milikmu, khususnya Xiaomi. Maka, ini dia 3 cara mudah untuk mengecek sistem boootloader, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan PC Desktop atau Laptop

Apabila kamu memiliki PC Desktop ataupun laptop, maka dapat digunakan untuk mengecek sistem bootloader Xiaomi dengan langkah sebagai berikut :

  1. Pastikan PC Desktop atau Laptop milik kamu telah terinstall ADB Fastboot
  2. Masuk ke mode fastboot dengan cara menekan “tombol volume + serta tombol power”secara bersamaan hingga muncul “logo bunny dibarengi dengan tulisan fastboot”
  3. Sambungkan ponsel Xiaomi ke PC Desktop atau Laptop menggunakan kabel data original Xiaomi
  4. Buka folder ADB yang terletak pada drive C:\adb. Setelah itu, tekan Shift + klik kanan dan klik Open command window here
  5. Setelah masuk ke mode CMD, silahkan ketik perintah “fastboot oem device-info” kemudian tekan “enter”
  6. Apabila tampilan tulisan “device unlocked” ini tertulis “true”, maka sistem bootloader Xiaomi berhasil dibuka. Akan tetapi, pada tulisan info “device unlocked” ini tertulis “false”, maka sistem bootloader Xiaomi milikmu masih terkunci.

Menggunakan Fitur Pengaturan Ponsel

Apabila kamu merasa cara cek bootloader Xiaomi menggunakan PC Desktop atau Laptop ini terlalu rumit. Maka kamu dapat mengecek sistem bootloader melalui fitur pengaturan ponsel. Caranya adalah sebagai berikut :

Status UBL Xiaomi
  1. Aktifkan mode “developer options “dengan cara masuk ke mode “tentang ponsel” lalu ketuk 7 kali mode MIUI version hingga muncul tulisan “sekarang Anda adalah pengembang”.
  2. Kemudian silahkan masuk ke menu opsi pengembang dengan cara tekan tombol “pengaturan” lalu tekan “setelah tambahan” dan kemudian ketuk mode “opsi pengembang”
  3. Dan langkah terakhir adalah silahkan tekan “status Mi unlock”. Apabila muncul gambar gembok terbuka, maka sistem bootloader Xiaomi telah berhasil di unlock. Namun, apabila muncul gambar gembok terkunci, maka sistem bootloader Xiaomi masih dalam keadaan terkunci.

Masuk Ke Fitur Booting Xiaomi

Step yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur booting Xiaomi. Cara masuk ke fitur booting Xiaomi ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah sistem bootloader Xiaomi dalam status locked atau unlocked.

  1. Kamu hanya perlu merestart Xiaomi dan tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan unlocked ataupun locked.
  2. Apabila tertulis locked, maka sistem bootloader Xiaomi masih terkunci.
  3. Sedangkan, apabila tertulis unlocked, maka sistem bootloader Xiaomi telah berhasil dibuka.

Cara cek bootloader Xiaomi ini memang tidak terlalu susah. Kamu hanya perlu menggunakan salah satu dari 3 cara tersebut untuk mengetahui apakah smartphone Xiaomi kesayanganmu dalam keadaan terbuka atau terkunci sistem bootloadernya.

Akan tetapi, 3 cara untuk mengecek bootloader Xiaomi diatas ini hanya berlaku untuk segala tipe smartphone Xiaomi dengan sistem operasi MIUI versi 7, 8, 9, 10, dan 11.

Tinggalkan komentar