Cara Update MIUI

Bagi pengguna Xiaomi, pastinya mengenal apa itu update MIUI. Update MIUI merupakan update yang diberikan oleh official kepada pengguna ponsel Xiaomi, namun update ini bertahap dan tidak semua mendapatkannya. Cara update MIUI sendiri cukup beragam, mulai dari cara yang paling mudah hingga cukup sulit dan membutuhkan ketelitian.

Persiapan Sebelum Update

Agar proses update berjalan dengan lancar dan berhasil, pengguna harus mempersiapkan peralatan dan kebutuhan lain. Tanpa adanya persiapan yang tepat, bisa jadi terdapat kesalahan ataupun problem di tengah jalan dan mengakibatkan ponsel menjadi bootloop ataupu sejenisnya. Berikut persiapan yang harus dilakukan:

  • Download terlebih dahulu ROM Xiaomi melalui link: http://c.mi.com/miuidownload/index dan pilih tipe hp Xiaomi yang Anda gunakan.
  • Charger terlebih dahulu ponsel Xiaomi untuk persiapan update karena membutuhkan daya yang tidak sedikit. Kira-kira isi batre tersebut di atas 75% atau 80% lebih baik.
  • Pastikan koneksi jaringan stabil untuk keperluan update dan download software.
  • Backup seluruh data untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu.

Update MIUI Melalui System Update

Cara pertama ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun yang ingin mengupdate MIUI. Keberhasilan update pada cara pertama ini tergantung dari kesabaran dan ketelitian ketika proses dilakukan. Berikut step by stepnya :

1. Download ROM MIUI Official di situs website Xiaomi yang telah disediakan. Sesuaikan ROM tersebut dengan tipe ponsel Xiaomi yang dimiliki.

Download ROM Xiaomi

2. Selesai download, pindahkan file tersebut ke memori internal dan biarkan diluar saja (jangan taruh dalam folder) agar saat nanti mencarinya gampang.

3. Masuk ke menu Pengaturan, Tentang Ponsel, lalu pilih Update Sistem yang terdapat pada menu paling bawah.

4. Pengguna akan diarahkan ke halaman updater, klik icon 3 titik pada pojok kanan atas halaman, pilih opsi Update Package.

5. Carilah folder khusus yang berisi file hasil download tadi untuk melanjutkan proses update.

6. Tunggu beberapa saat sampai sistem mengkonfirmasi file update tersebut hingga sistem melakukan update MIUI secara otomatis.

7. Proses update ini membutuhkan waktu yang cukup lama, biarkan sampai proses benar-benar selesai dan jangan klik tombol apapun.

Apabila proses selesai dan berhasil, ponsel akan melakukan restat secara otomatis dan MIUI sudah berhasil update, tinggal melakukan pengaturan ulang seperti biasa.

Update MIUI Melalui Recovery Update

Cara update MIUI kedua ini cukup rumit dan butuh ketelitian dalam menjalankan step by step yang akan dijelaskan di bawah ini. Pastikan telah mempersiapkan persiapan yang telah dibahas sebelumnya. Berikut langkah-langkah untuk update melalui recovery update :

Update MIUI Melalui Recovery Update
  1. Seperti biasa, download terlebih dahulu ROM Official Xiaomi melalui website resmi dan sesuaikan dengan tipe ponsel masing-masing.
  2. Setelah berhasil download, fanti nama file ROM tersebut menjadi update.zip (pastikan huruf kecil semua).
  3. Pindahkan ROM hasil download tadi ke memori internal bagian luar tanpa harus dalam folder khusus seperti cara pertama.
  4. Masuk ke Recovery Mode dengan mematikan ponsel terlebih dahulu.
  5. Nyalakan kembali dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan.
  6. Tunggu beberapa saat sampai diarahkan ke halaman Recovery Mode, kemudian pilih menu install update.zip to system.
  7. Konfirmasi dengan cara tekan tombol power untuk melanjutkan, kemudian pilih Yes.
  8. Tunggu sampai sistem mengupdate sesuai dengan ROM tadi.
  9. Proses update selesai dengan munculnya tulisan Update Complete disertai centang warna hijau.
  10. Klik back, kemudian pilih opsi Reboot dan biarkan ponsel restat dengan sendirinya.
  11. Proses booting setelah update biasanya lebih lama, tunggulah sampai benar-benar selesai dan masuk ke layar utama ponsel.

Pertanyaan Seputar Update MIUI:

  • Kalau update MIUI apakah data akan terhapus?
  • Tidak, karena update MIUI berbeda dengan factory reset
  • Jika melakukan update MIUI manual apakah akun Mi akan di Lock?
  • Tidak, Anda tidak perlu takut Akun Mi akan terkunci saat melakukan update MIUI

Baca juga: Cara Membuka Xiaomi yang Terkunci

Baik cara pertama ataupun kedua di atas memiliki resiko masing-masing. Silahkan pilih cara update MIUI salah satu di atas sesuai dengan kemampuan dan kemantapan hati masing-masing. Jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu seluruh data di ponsel sebelum melakukan update.

Tinggalkan komentar