Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi 2

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah custom recovery paling lancar dan bisa berjalan dengan smooth di Xiaomi Redmi 2. Ada dua cara pasang TWRP Redmi 2, yaitu dengan menggunakan PC atau langsung dari HP. Umumnya, instalasi TWRP ini dibutuhkan jika kamu ingin root Xiaomi Redmi 2 yang kamu miliki atau untuk melakukan flashing ketika terjadi kegagalan sistem.

Instalasi TWRP menggunakan HP bisa dilakukan jika Xiaomi Redmi 2 milikmu adalah keluaran/tipe lama. Kamu bisa melihat di belakang kardus HP untuk melihat nomer seri Redmi 2, beberapa nomer seri lama di antaranya adalah HM20142012, HM20142013, HM20142016 dan masih banyak lagi. Sebaliknya, apabila Redmi 2 keluaran terbaru maka harus menggunakan PC untuk instalasi TWRP.

Cara Pasang TWRP Redmi 2 Tanpa PC

Download terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan melalui link dibawah ini:

Redmi 2 Ekor 12/13/16Redmi 2 Ekor 11/17/18/21
TWRP Redmi 2 /2 Prime KitkatTWRP Redmi 2 /2 Prime Kitkat
TWRP Redmi 2 /2 Prime LollipopTWRP Redmi 2 /2 Prime Lollipop

Untuk memasang TWRP langsung dari HP, maka kamu harus mengunduh file TWRP yang sesuai dengan ekor dan versi OS Android Redmi 2 yang kamu miliki. Apabila sudah, maka langkah instalasi TWRP bisa dilakukan.

  1. Pertama, kamu buka manajer file lalu cari file TWRP yang baru kamu download, tekan lama dan pilih opsi “Rename”. Di sini kamu harus menamai file TWRP tersebut menjadi update.zip
  2. Sekarang pindahkan file tersebut ke memori internal, jangan diletakkan di dalam folder ya
  3. Sekarang akses menu “Settings” lalu cari menu “Developer Options” dan aktifkan “Oem Unlock” dengan menggesernya ke kanan
  4. Apabila sudah, langkah selanjutnya adalah mematikan Xiaomi Redmi 2 hingga benar-benar mati
  5. Sekarang tekan tombol “Power+Volume Up” secara bersamaan untuk masuk ke mode recovery. Di menu ini kamu bisa melakukan navigasi dengan menekan “Volume Up dan Volume Down” dan tombol power untuk “OK/Enter”
  6. Sekarang pilih opsi “Install update.zip to system” lalu pilih “Yes”
  7. Begitu kamu tekan “Yes”, maka sistem secara otomatis akan update recovery bawaan pabrik dan menggantinya menjadi TWRP
  8. Tunggu hingga proses benar-benar selesai dan klik opsi “Back” lalu pilih “Reboot”
  9. Selesai, sekarang TWRP sudah terpasang di Xiaomi Redmi 2 dan kamu bisa mulai mengoprek smartphone-mu

Cara Pasang TWRP Redmi 2 dengan PC

Apabila cara di atas gagal dan smartphone mengalami bootloop/gagal hidup, maka cara pasang TWRP Redmi 2 selanjutnya adalah dengan bantuan PC. Sebelum memasang TWRP menggunakan PC, kamu harus mengunduh file TWRP dan SuperSu yang sesuai dengan ekor dan OS Android Redmi 2.

TWRPKit-R2-MIUIv2.0.zipDownload
UPDATE-SuperSU-v2.46.zipDownload

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa Xiaomi USB Driver telah terpasang di PC/desktop. Kamu juga harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur USB Debugging, Oem Unlocking dan Fastboot Mode, yang mana bisa kamu atur di menu setelan Redmi 2. Jika syarat dan ketentuan di atas sudah kamu penuhi, maka proses instalasi TWRP bisa dimulai.

  1. Pertama matikan Redmi 2 lalu masuk ke Fastboot Mode dengan menekan tombol “Power+Volume Down” berbarengan
  2. Selanjutnya hubungkan Redmi 2 dan PC melalui kabel USB
  3. Selanjutnya ekstrak file TWRP yang kamu siapkan dan klik kanan pada file berekstensi .bat dan pilih opsi “Run as Administrator”
  4. Selanjutnya akan ada banyak pilihan menu di aplikasi ekstensi .bat tersebut, kamu harus pilih menu yang sesuai dengan ekor dan OS Android Redmi 2 milikmu
  5. Setelahnya proses instalasi TWRP akan berjalan secara otomatis dan tunggu hingga kelar
  6. Jika sudah, Redmi 2 akan mulai ulang otomatis dan bisa langsung masuk ke TWRP Recovery

Sebenarnya, dua cara pasang TWRP Redmi 2 di atas sangatlah mudah, asalkan kamu menyiapkan file TWRP/SuperSu yang benar dan mengikuti langkah-langkah di atas. Apabila TWRP sudah terpasang, kamu memiliki izin lebih tinggi untuk memaksimalkan smartphone-mu, misalnya untuk melakukan root, upgrade ROM, mengganti stock ROM dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar