Cara Mengaktifkan USB Debugging Asus

Sebagai pengguna sistem operasi Android ini tentu tidak asing dengan istilah USB Debugging. Ya, fitur tersebut dterdapat pada semua jenis, tipe, dan merk smartphone, termasuk Asus. Smartphone Asus yang menggunakan sistem Android ini memang dilengkapi dengan fitur USB Debugging, sebab fitur tersebut berfungsi untuk “menjembatani” antara PC Desktop atau Laptop dengan Ponsel kamu.

Salah satu perusahaan smartphone, yaitu Asus telah membekali fitur USB Debugging pada setiap ponsel pintar yang dirilis. Tujuannya adalah memberi kesempatan bagi pemilik smartphone untuk menjadi seorang developer. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara mengaktifkan USB Debugging Asus terlebih dahulu sebelum “mengoprek” smartphone Asus milikmu.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Asus Untuk Semua Tipe

Hampir semua tipe ponsel pintar dari Asus ini dibekali dengan fitur USB Debugging. Hanya saja perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum kamu memiliki opsi pengembang. Maka dari itu, inilah beberapa langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur USB Debugging, diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Lama

Bagi kamu pengguna smartphone Asus yang masih menggunakan ZenUI versi lama, maka ikuti cara mengaktifkan fitur USB Debugging Asus berikut ini:

1. Masuk ke Menu Pengaturan Ponsel

Masuk ke menu Pengaturan ponsel” dengan gambar logo sebuah gear.

2. Masuk ke Menu About Atau Tentang Ponsel

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Lama

Tekan menu “About atau tentang ponsel”. Kemudian muncul beberapa kotak dialog dan silahkan tekan “Software Information”.

3. Menjadi Seorang Pengembang

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Lama

Ketuk sebanyak 7 kali pada pilihan “Build number” hingga muncul notifikasi bertuliskan “You are now a developer. Kini kamu menjadi seorang pengembang untuk ponsel milikmu.

4. Buka Menu Developer Option

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Lama

Kembali ke tampilan Pengaturan, kemudian buka menu “Developer option”.

5. Tekan Opsi Pengembang

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Lama

Untuk mengaktifkan USB Debugging, maka kamu tinggal tekan pilihan opsi pengembang dan ceklist kotak dialog pada pilihan “USB Debugging”, lalu klik ok.

Mengaktifkan USB Debugging Asus ZenUI Versi Baru

Cara mengaktifkan USB Debugging Asus versi baru ini dirasa lebih mudah dan lebih efisien waktu dibanding dengan cara mengaktifkan USB Debugging untuk Asus ZenUI versi lama. Untuk itu, ikuti beberapa langkah agar fitur USB Debugging smartphone Asus versi ZenUI baru dengan cara sebagai berikut :

  • Buka Menu Pengaturan” dan mengklik ikon Search”.
  • Tekan dan ketik perintah About” yang dibarengi dengan menekan perintah About phone”.
  • Buka Pilihan Software information” lalu ketuk 7 kali di bagian Build Number hingga muncul tulisan berupa You are now a developer”
  • Masuk ke menu System” dan tekan About phone atau tentang ponsel”
  • Masuk ke menu about phone atau tentang ponsel, kemudian cari Developer option” serta aktifkan fitur USB Debugging.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog yang bertuliskan “Allow USB Debugging ?”. Maka, kamu tinggal tekan ok saja dan USB Debuggin Asus telah diaktifkan.

Mengaktifkan USB Debugging Asus Android One

Seri ponsel pintar dari Asus yang menggunakan sistem operasi Android One ini adalah seri ponsel pintar terbaru. Maka, cara mengaktifkan USB Debugging Asus Android One ini berbeda dengan cara mengaktifkan pada versi ZenUI lama dan baru. Untuk itu, ini dia langkah-langkah untuk aktifkan USB Debugging pada Asus Android One :

  • Buka menu Pengaturan” pada ponsel
  • Tekan menu System” dan kemudian pilih About phone atau tentang ponsel”
  • Ketuk 7 kali pada Build number” hingga muncul tulisan berupa You are now a developer”
  • Kembali ke menu system, lalu tekan menu Developer option”
  • Tekan menu “USB Debugging”, maka fitur USB Debugging telah aktif secara otomatis

Fitur USB Debugging ini perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Setiap jenis smartphone ini memang berbeda-beda cara untuk mengaktifasi fitur tersebut. Bagi kamu pengguna smartphone Asus, maka kamu dapat mengikuti cara mengaktifkan USB Debugging Asus sesuai dengan versi sistem operasi Androidnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *