Cara Install Android USB Driver

Biasanya PC/desktop akan langsung mendeteksi otomatis perangkat Android yang dihubungkan melalui kabel USB. Masalahnya, hal tersebut tidak berlaku untuk setiap perangkat, imbasnya kabel USB tersebut tidak bisa dikenali oleh PC/desktop. Untuk itu, pengguna Android harus tahu cara install Android USB Driver agar perangkatnya bisa dikenali oleh PC/desktop.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila kamu berhasil menghubungkan smartphone dan PC melalui kabel USB, di antaranya adalah untuk melakukan flashing, install TWRP, transfer data dan masih banyak lagi. Menghubungkan Android dan PC dengan kabel USB juga akan memudahkanmu ketika ingin melakukan root dan mengoprek Android dengan leluasa.

Cara Install Android USB Driver

1. Install Android USB Driver dengan APK Installer

Kamu bisa menggunakan APK Installer untuk memasang Android USB Driver dengan sukses di PC. Agar bisa menggunakan cara ini, kamu harus mengunduh ADB Driver Installer terlebih dahulu, jika sudah langkah install USB Driver bisa dilanjutkan.

Sebelum itu, silahkan download ADB Driver Installer v2.0 terlebih dahulu.

  1. Pertama, sambungkan PC dan perangkat Android dengan USB, usahakan Android berada di Home Screen dan dalam keadaan menyala
  2. Sekarang cari berkas ADB Installer yang telah kamu download, klik kanan pada “ADB.Driver.Installer.exe” lalu pilih “Run as Administrator”
  3. Selanjutnya kamu akan dialihkan ke jendela ADB Driver Installer versi 2.0 kemudian klik “Refresh” lalu klik “Install”
  4. Selanjutnya akan muncul jendela pemberitahuan, klik saja opsi “Install this driver software anyway”
  5. Selanjutnya proses pemasangan driver akan dimulai dan tunggu hingga selesai
  6. Instalasi selesai apabila kamu melihat tulisan OK pada Device Status
  7. Untuk mengecek apakah driver berhasil terpasang, maka kamu bisa klik “Device Manager” lalu “Android Device”. Jika tidak ada tanda seru pada Android Composite ADB Interface, maka instalasi driver berhasil

Apabila cara di atas masih gagal dan ada tanda seru di Android Composite ADB Interface, maka kamu bisa menonaktifkan Driver Signature terlebih dahulu, caranya adalah :

  • Pertama matikan PC/desktop lalu hidupkan, lalu tekan “F8” berulang kali saat layar memunculkan merk PC/desktop tersebut
  • Di menu selanjutnya kamu bisa memilih opsi “Disable Driver Signature Enforcement” lalu tekan “Enter” pada keyboard
  • Sekarang fitur Driver Signature telah dinonaktifkan dan kamu bisa mengulangi instalasi Android USB Driver seperti cara di atas

2. Install Android USB Driver dengan PdaNET

Cara install Android USB Driver berikutnya adalah dengan PdaNET, adapun caranya bisa diikuti di bawah ini :

  1. Pertama kamu harus mengunduh PdaNET dan mengekstraknya di drive C:\
  2. Jika sudah, sekarang kamu bisa menyambungkan Android dan PC menggunakan kabel USB
  3. Selanjutnya klik kanan pada file PdaNET lalu pilih opsi “Run as Administrator”
  4. Selanjutnya klik “Next” terus berurutan selama 4 kali dan tunggu beberapa saat hingga set up lanjutan ditambahkan
  5. Jika sudah, kamu centang bahwa kamu setuju dan percaya dengan software PdaNET kemudian klik “Install”
  6. Selanjutnya klik “Skip USB” dan tunggu hingga instalasi driver selesai
  7. Selanjutnya kamu centang opsi “Connect PdaNET+ after instalation” lalu pilih “USB mode” dan klik “Finish”
  8. Selesai, untuk memastikan bahwa proses instalasi driver berhasil, maka bisa melihat menu Device Manager. Berhasilnya proses instalasi ditandai dengen tidak adanya tanda seru di depan Android Composite ADB Interface.

Dua cara di atas bisa kamu terapkan ke hampir semua merk Android, jadi kamu tidak perlu mengunduh USB Driver untuk merk Android tertentu. Apabila kamu sudah men-download semua driver yang dibutuhkan, maka tinggal ikuti saja cara di atas. Jika instalasi masih saja gagal, kamu hanya harus menonaktifkan Driver Signature di PC/desktop terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar