Cara Install Android USB Driver Huawei

Sebelum melakukan proses unlock bootloader menggunakan PC atau komputer, maka pengguna perlu software pendukung agar proses ini dapat berjalan maksimal. Adanya proses ini membuat pengguna bisa melakukan flash ulang smartphone, memasang TWRP ataupun sebagainya.

Android USB Driver merupakan software wajib yang perlu kamu pasang pada komputer. Adanya driver ini dapat membantu kamu untuk melakukan cara install Android USB Driver Huawei. Selain itu, cara ini sudah support untuk semua merk smartphone Huawei.

Cara Install Android USB Driver Huawei

Android USB Driver adalah sebuah software atau perangkat lunak yang memiliki peran sebagai jalur penghubung antara komputer dengan smartphone. Jika software ini tidak kamu pasang, maka komputer tidak bisa membaca atau mendeteksi smartphone. Tentunya ini membuat kamu tidak bisa melakukan proses flashing maupun transfer data pada unlock bootloader.

Terdapat dua opsi yang bisa kamu lakukan untuk cara install Android USB Driver Huawei. Proses pemasangan driver pada jenis huawei juga sama dengan merk lainnya. Kamu bisa memilih cara manual atau cara otomatis. Berikut ini langkah – langkah pemasangan Android USB driver untuk jenis smartphone Huawei yang bisa kamu ikuti.

Cara Install Manual Android Universal Serial Bus (USB) Driver Huawei

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan file Driver type Huawei dan lakukan proses pemasangan pada komputer. (Download Disini)
  2. Selanjutnya, aktifkan fitur USB Debugging pada pengaturan perangkat smartphone Huawei dan sambung kan melalui kabel USB.
  3. Setelah di sambungkan, kamu bisa masuk ke Mode Fastboot. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan smartphone, lalu hidupkan kembali dengan hold tombol Volume Up atau Volume Down.
  4. Langkah berikutnya, kamu bisa buka File Explorer di komputer dan klik kanan pada bagian This PC, lalu klik Manage, dan pilih Device Manage.
  5. Pada tampilan Device Manage, kamu dapat memilih opsi Other Device.
  6. Kemudian, masuk pada USB SER dan pilih opsi Update Driver Software.
  7. Jika sudah, maka kamu akan melihat tampilan jendela baru dan pilih Browse my computer for driver software, lalu tekan Next.
  8. Pada bagian Select the device driver, kamu pilih Have Disk, lalu klik browser, dan masukan berkas sesuai dengan jenis komputer yang digunakan, yakni X64 atau X86.
  9. Selanjutnya, pilih file dengan nama hw_usbvcom.inf dan klik Open.
  10. Kemudian di tampilan berikutnya akan muncul notifikasi windows security, dan pilih opsi Install this driver software anyway.
  11. Tunggu hingga proses installasi driver selesai.
  12. Jika sudah selesai, maka akan tampil Windows has successfully updated your driver software dan kamu sudah bisa menutup tampilan jendela tersebut dengan cara klik Close.

Cara Install Otomatis Android Universal Serial Bus (USB) Driver Huawei

  1. Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan USB Debugging pada perangkat Huawei dan menyiapakan file USB Driver Huawei pada komputer.
  2. Sambungkan perangkat smartphone pada komputer dan buka file Driver yang sebelumnya sudah dipasang.
  3. Pada tampilan pertama, klik Next dan pilih I Agree pada halaman License Agreement.
  4. Selanjutnya untuk letak penyimpanan, kamu bisa memilih opsi default dan klik Next.
  5. Kemudian, pilih Install dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  6. Jika sudah selesai, kamu dapat memberi centang pada kolom Run Driver Tool, lalu klik Finish.
  7. Selanjutnya, klik ikon Install Driver dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Banyaknya driver yang tersedia di internet sangat membantu kamu dalam melakukan proses unlock bootloader. Selain itu, cara pemasangan atau installasi driver pada perangkat smartphone juga bisa kamu lakukan dengan mudah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *