Cara Flash Xiaomi Redmi 2

Istilah flashing ROM merupakan suatu istilah yang biasa kita dengar di kalangan orang-orang yang suka “oprek” smartphone. Secara harfiah, flashing smartphone adalah menginstall ulang sistem operasi smartphone. Bagi smartphone yang telah unlock bootloader, maka smartphone tersebut dapat menggunakan custom ROM sebagai pengganti ROM bawaan.

Salah satu tipe ponsel yang paling mudah di flashing ROM adalah tipe Xiaomi Redmi 2. Rata-rata, para developer ini menggunakan bantuan PC Desktop saat proses flashing ROM berjalan. Nah, kini kamu dapat mencoba cara flash Redmi 2 tanpa PC yang dirasa lebih efisien waktu dan tidak beresiko ponsel Xiaomi milikmu mengalami kerusakan, seperti bootloop.

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC

Meskipun tipe Redmi 2 ini menjadi salah satu tipe ponsel “jadul” dari Xiaomi. Namun tetap saja banyak diminati oleh pelanggan. Rata-rata, para pengguna Xiaomi Redmi 2 ini selalu menggunakan custom ROM agar memiliki tampilan antarmuka yang menarik. Lalu, apakah bisa memflashing Redmi 2 tanpa bantuan PC ?

Tentu saja bisa. Kamu cukup ikuti beberapa langkah-langkah cara flash Xiaomi Redmi 2 tanpa PC maupun Laptop, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Download TWRP Factory

Silahkan download dan install terlebih dahulu TWRP Factory. TWRP Factory adalah salah satu aplikasi custom recovery yang digunakan untuk menginstall hingga memformat smartphone.

2. Download Custom ROM

Setelah kamu berhasil memasang TWRP Factory sebagai custom recovery smartphone, maka langkah selanjutnya adalah download custom ROM yang cocok pada tipe smartphone Xiamoi Redmi 2. Apabila kamu salah mendownload dan menginstall type custom ROM Xiaomi Redmi 2. Maka, smartphone kamu akan mengalami bootloop atau stuck logo.

Download ROM Xiaomi Redmi 2 Disini, pilih sesuai tipe yang cocok.

3. Membackup Semua Data File

Sebelum masuk ke proses flashing ponsel, maka sebaiknya backup terlebih dahulu seluruh data file yang dianggap penting. Cara untuk membackup data file pada smartphone adalah dengan masuk ke TWRP Factory terlebih dahulu.

Untuk dapat masuk ke TWRP Factory, silahkan tekan tombol power dan tombol volume + secara bersamaan. Lalu tekan tombol Backup”. Setelah itu, akan muncul kotak dialog. Lalu centang folder file apa saja yang ingin kamu backup, kemudian geser tulisan Swipe to Backup”.

4. Install Custom ROM

Masuk kembali ke TWRP Factory. Kemudian tekan Wipe” – “Wipe all data”, kemudian geser tulisan Swipe to Reset”. Setelah itu, silahkan install file Custom ROM dengan cara tekan Install” cari file custom ROM dengan format “.img” yang telah kamu download, lalu tekan Swipe to install”

5. Reboot System

Setelah proses install custom ROM selesai, kamu hanya perlu tekan Reboot” – “Reboot system”. Tunggu beberapa saat dan Xiaomi Redmi 2 milikmu akan memulai ulang program secara otomatis.

Xiaomi Redmi 2 merupakan salah satu ponsel pintar keluaran Xiaomi yang dapat mengganti ROM bawaan menjadi custom ROM. Terkadang, untuk dapat mengganti ROM ponsel xiaomi ini membutuhkan PC ataupun Laptop. Namun, pada seri Xiaomi Redmi 2 ini kamu dapat mengganti ROM bawaan menjadi custom ROM tanpa bantuan PC atau laptop.

Jadi, kamu hanya perlu mengetahui cara flash Redmi 2 tanpa PC ataupun Laptop terlebih dahulu. Sebab, apabila kamu tidak mengetahui tata cara mengganti ROM bawaan menjadi custom ROM ini akan berakibat fatal, seperti bootloop, stuck logo, atau hardbrick (mati total)

Tinggalkan komentar